How can we help you?

The Basic Questions

Apa itu Jenius?

Jenius adalah aplikasi perbankan revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit VISA untuk membantu kamu melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari smartphone.

Apakah Jenius adalah sebuah bank?

Jenius adalah Banking Reinvented, yang berarti walaupun memiliki fungsi sebuah bank, tapi Jenius mengembalikan semua akses kepada penggunanya. Sehingga kamu memiliki kendali atas uang dan pengaturan keuangan kamu sendiri. Jenius lebih dari sebuah bank karena Jenius juga berperan sebagai alat yang membantu penggunanya dalam meraih integrasi yang lancar antara kehidupan dan keuangan sehingga dengan mudah, kamu bisa meraih tujuan hidup dan cita-citamu.

Jenius berbeda dari bank pada umumnya karena semua aktivitas perbankan dibuat lebih mudah tanpa harus pergi ke bank atau mengantre panjang dengan banyaknya birokrasi. Semua bisa kamu lihat, tata, dan atur langsung dari dalam smartphone-mu.

Apakah Jenius itu mobile banking atau e-wallet?

Jenius berbeda dari mobile banking yang fungsinya sebagai perpanjangan tangan sebuah bank. Kamu tidak perlu pergi ke bank dan membuat rekening terlebih dahulu sebelum menikmati layanan Jenius. Dengan Jenius, semua aktivitas finansial bisa kamu lakukan di dalam aplikasi, mulai dari membuka rekening, pembayaran tagihan, transfer uang, tabungan, deposito, pembuatan kartu debit, serta alokasi dana untuk pengaturan keuangan.

Jenius juga berbeda dari e-wallet, karena Jenius tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran atau transaksi, tapi juga menerima simpanan dan deposito berjangka dengan bunga hingga 5,75% serta membantumu dalam mengatur keuangan untuk Life Finance yang lebih baik.

Apa keuntungan saya memakai Jenius?

Jenius membantu proses transaksi lebih cepat, memaksimalkan tabungan dengan bunga lebih tinggi, mengatur keuangan dengan kartu debit tambahan untuk alokasi dana dan limit budget.

Kamu bisa memiliki:

  • $Cashtag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi kamu tidak perlu lagi menghafal nomor rekening yang panjang;
  • Split Bill, untuk membagi tagihan kamu dengan teman atau keluarga secara adil;
  • Card Center, pengaturan semua kartu debit di satu tempat termasuk limit transaksi dan tarikan tunai harian atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu

Kelebihan Jenius lainnya bisa kamu lihat di sini.

Jenius bebas biaya tarik tunai di ATM non-BTPN serta transfer antar bank melalui aplikasi masing-masing 25 kali per bulan, bebas biaya administrasi, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu.

Apakah saya harus menjadi nasabah BTPN untuk menikmati layanan aplikasi Jenius?

Dengan membuat akun Jenius, kamu juga menjadi bagian dari BTPN. Kamu bisa menikmati layanan yang disediakan BTPN seperti melakukan setor tunai di teller kantor cabang BTPN mana pun, melakukan tarik tunai rekening Jenius dari ATM BTPN mana pun, atau bebas biaya transfer untuk pengiriman uang dari akun Jenius ke akun BTPN atau sebaliknya.

Saya sudah memiliki rekening BTPN, apakah bisa saya ganti atau pindahkan ke Jenius?

Walaupun bagian dari BTPN, kamu tetap harus membuat rekening Jenius.

Siapa saja yang bisa menggunakan aplikasi Jenius?

Semua Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki KTP dan smartphone.

Bagaimana cara saya mulai memakai Jenius?

Kamu bisa men-download aplikasi Jenius dan melakukan proses registrasi dari dalam aplikasi Jenius.

Bagaimana cara menambahkan aplikasi Jenius ke dalam smartphone?

Jenius merupakan aplikasi bebas biaya. Pengguna Android dengan operating system minimal Kitkat 4.2 dan pengguna iPhone dengan operating system minimal iOS 7 bisa segera merasakan pengalaman Banking Reinvented dengan men-download aplikasi Jenius di sini.

Saya masih belum menerima/memiliki e-KTP, apakah saya bisa membuat akun Jenius?

Jika kamu memiliki KTP yang masih berlaku, tapi bukan e-KTP, kamu bisa membuat akun Jenius.
Jika kamu belum memiliki e-KTP tapi masih dalam proses pembuatan e-KTP, kamu bisa membuat Jenius dengan memfoto resi pembuatan e-KTP saat proses registrasi lalu menunjukkan dokumen identitas pribadi tambahan, seperti SIM atau paspor, saat melakukan aktivasi rekening.

Saya belum/tidak memiliki NPWP, apakah saya bisa membuat akun Jenius?

Bisa, pilih opsi “Saya tidak memiliki NPWP” saat melakukan proses registrasi. Walaupun begitu, saat melakukan aktivasi rekening, kamu akan diminta untuk menunjukkan NPWP penanggung dana, baik milik pasangan atau orangtua.

Bagaimana cara mengisi saldo ke akun Jenius?

Ada banyak pilihan untuk mengisi saldo rekening Jenius kamu, yaitu:

  1. Setor tunai ke rekening Jenius melalui mesin TCR Jenius yang berlokasi di Menara BTPN & Mall Kota Kasablanka.
  2. Setor tunai melalui Jenius Live terdekat.
  3. Setor tunai melalui teller di kantor cabang BTPN Sinaya atau Purna Bakti yang lokasinya bisa dilihat di sini.
  4. Transfer dari bank lain, masukkan kode bank BTPN (213) lalu nomor rekening Jenius kamu atau nomor handphone kamu yang terdaftar di Jenius. Nomor rekening Jenius bisa dicek di aplikasi Jenius pada menu Profil.
Apakah uang yang saya simpan di Jenius aman?

Uang yang kamu simpan di Jenius aman karena Jenius adalah bagian dari BTPN yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jenius juga dilengkapi dengan otentikasi 2 tingkat untuk transaksi finansial serta fungsi blokir/buka blokir kartu dan pengaturan limit transaksi yang bisa kamu atur langsung dari dalam aplikasi.

Apabila handphone saya hilang, apakah uang saya di dalam Jenius tetap aman?

Uangmu tetap aman, tapi pastikan kamu tetap unlink device kamu melalui Jenius Web App. Pilih perangkat yang hilang dari menu Settings.

Bagaimana saya melakukan tarik tunai apabila saya sulit menemukan ATM BTPN atau Jenius terdekat?

Kamu bisa melakukan tarik tunai di ATM mana pun yang terhubung dalam jaringan Prima/Bersama di dalam negeri atau jaringan VISA di dunia.

Di mana saya bisa mengunjungi kantor cabang Jenius?

Jenius tidak memiliki kantor cabang. Walaupun begitu kamu bisa mengunjungi kantor pusat Jenius yang berada di Menara BTPN lantai 18, Jenius Center yang berada di Kota Kasablanka lantai LG, atau Jenius Locations selengkapnya di sini.

Di mana saya bisa mencari informasi tambahan selain di booth Jenius?

Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan soal Jenius dengan mem-follow akun resmi Jenius di Facebook, Instagram, Twitter, atau YouTube.

Ke mana saya bisa mengajukan keluhan atau saran?

Apabila kamu memiliki keluhan atau saran, kamu bisa menghubungi Jenius melalui e-mail ke jenius-help@btpn.com, Jenius Chat dalam aplikasi Jenius, atau menghubungi Jenius Help di 1500 365.

Topics