BI-FAST: Cara Hemat Transfer Uang Dari dan Ke Jenius

Campaign
writter Fifi Nurfitrianti

Teman Jenius pasti sudah familier sama transaksi transfer, kan? Wajar sih, soalnya kegiatan mentransfer dana sudah menjadi aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh banyak digital savvy.

Selalu ada kebutuhan untuk transfer uang, mulai untuk urusan pekerjaan, belanja, hingga hiburan. Apalagi hanya dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa langsung satsetsatset kirim uang ke teman atau keluarga di mana pun mereka berada.

Sayangnya, kendala sering muncul saat mengetahui bank tujuan transfer berbeda dengan rekening bank yang kita miliki. Alhasil, pengirim akan dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500 untuk setiap transaksi.

Walau angka Rp6.500 terlihat kecil, tapi ada sebagian orang cukup keberatan dengan biaya tersebut. Apalagi buat rutin mentransfer uang ke berbagai rekening berbeda setiap harinya. Kalau sehari melakukan 10 kali transfer saja, sudah habis Rp65.000! Kalau diakumulasikan lumayan banget, kan? ☹️

Tetapi, kamu gak perlu khawatir karena sekarang ada solusi transfer dengan biaya yang lebih ringan di Jenius, yakni dengan layanan BI-FAST!

Solusi Hemat Transfer Uang dengan BI-FAST

Sebagai salah satu inisiatif Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari Bank Indonesia, BI-FAST hadir sebagai layanan yang memungkinkan pengguna melakukan transfer ke rekening antarbank secara real-time, aman, dan efisien, setiap saat selama 24 jam.

BI-FAST sendiri merupakan layanan switching transfer yang disediakan langsung oleh Bank Indonesia. Sehingga, biaya transfer yang biasanya dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500, bisa jadi lebih terjangkau dengan BI-Fast. Terbukti, kamu cukup membayar Rp2.500 saja per transaksi!

Kabar baiknya buat teman Jenius, mulai 1 September 2022 Jenius telah bergabung dalam jaringan BI-FAST. Sehingga kamu bisa transfer dana dari bank lain ke Jenius dengan biaya yang jauh lebih hemat, hanya sebesar Rp2.500.

Di sisi lain, kamu juga bisa melakukan transfer dari Jenius ke bank lain dengan lebih terjangkau.

Misalnya untuk kamu dengan Awards level Basic, bergabungnya Jenius dalam jaringan BI-FAST ini tentu sangat menguntungkan. Dengan biaya transfer yang semakin terjangkau, kini kamu gak perlu panik atau keberatan kalau tiba-tiba ada kebutuhan transfer ke bank lain.

Sementara buat kamu yang ada di level Smart dan Jenius, layanan BI-FAST ini bakal membantumu jika kuota Awards yang dimiliki telah habis. Jadi, kamu bisa transfer uang dari Jenius ke bank lain dengan biaya lebih terjangkau. Cocok banget nih buat yang suka transfer sana-sini!

79 Bank Dalam Jaringan BI-FAST

Nah, untuk bisa menggunakan layanan BI-FAST di aplikasi Jenius, pastikan kamu memperhatikan ketentuan berikut ya.

  • Batas minimal nominal: Rp10.001 per transaksi

  • Batas maksimal nominal: Rp250.000.000 per transaksi

  • Batas maksimal transaksi harian: Rp250.000.000 per hari

  • Pastikan bank tujuanmu sudah tergabung di layanan BI-FAST karena biaya transfer antarbank sebesar Rp2.500 hanya berlaku dari dan ke bank yang tergabung dalam jaringan BI-FAST saja.

Berikut daftar bank di Indonesia yang sudah tergabung dalam jaringan BI-FAST:

*Informasi dapat berubah sewaktu-waktu

Cara Transfer Uang Ke Jenius Pakai BI-FAST

Kamu bisa mengirim uang dari bank lain ke akun Jenius kamu menggunakan layanan BI-FAST. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Buka aplikasi bank yang tergabung dalam jaringan BI-FAST.

  2. Pilih Transfer Antarbank.

  3. Pada kolom No. Rekening Tujuan, masukkan nomor rekening Jenius kamu.

  4. Pada kotak Bank, pilih Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau Bank BTPN.

  5. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer.

  6. Pada pilihan Layanan Transfer, pilih BI-FAST, lalu tap Kirim.

  7. Yes! Kamu sudah berhasil transfer uang ke Jenius menggunakan BI-FAST!

Cara Transfer Uang Dari Jenius Pakai BI-FAST

Selain menerima transfer dari bank lain ke Jenius, kamu juga bisa melakukan transfer antarbank menggunakan BI-FAST di aplikasi Jenius dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pada halaman Home, pilih Transfer & Bayar. Atau, kamu juga bisa mengakses dari Tombol Mobius dan pilih Send It.

  2. Pilih Kirim Uang, lalu pilih Tambah Penerima.

  3. Tap tombol panah ke bawah untuk mencari bank tujuan, lalu pilih bank yang sesuai. Pastikan bank tujuan sudah tergabung di layanan BI-FAST.

  4. Masukkan nomor rekening tujuan, kemudian tap Periksa.

  5. Pastikan bank dan nomor rekening sudah sesuai, pilih Lanjut.

  6. Masukkan nominal yang ingin kamu kirim, lalu pilih Lanjut.

  7. Periksa halaman konfirmasi, lalu pilih Kirim Uang.

  8. Jika tercantum Rp2.500 sebagai Biaya Transaksi, maka kamu terkonfirmasi menggunakan layanan BI-FAST.

  9. Masukkan password Jenius, lalu pilih Submit.

  10. Kamu berhasil transfer uang ke bank lain menggunakan BI-FAST!

Atau, jika limit maksimal transaksi harian dengan BI-FAST sebesar Rp250.000.000 sudah habis, maka transfer uang akan diarahkan menggunakan metode SKN dengan biaya sebesar Rp2.900-Rp20.000/transaksi atau memakai RTGS dengan biaya Rp25.000/transaksi.

Kalau sudah begini, BI-FAST bakal tepat banget sih buat kamu si digital savvy yang hobi transfer sana-sini biar gak perlu khawatir lagi sama biaya transfer! 🥳

Punya pertanyaan mengenai layanan BI-FAST di Jenius? Jangan ragu untuk menghubungi Jenius Help di 1500 365 atau e-mail ke [email protected].

Artikel lainnya