Share
Highlight Cover
Security Awareness

Waspadai Penyalahgunaan Rekening Jenius oleh Pihak Tidak Bertanggung Jawab

09 April 2020  |  Author: Cynthia Isabella
Apa pun situasinya, selalu ada cara bagi pihak tidak bertanggung jawab untuk merugikan orang lain demi keuntungan pribadi. Jenius dari Bank BTPN tidak menoleransi hal ini, terutama terhadap pihak yang melakukan penipuan dengan rekening Jenius. Jenius berkomitmen untuk segera menindak tegas segala penyalahgunaan rekening Jenius untuk melakukan bentuk penipuan apa pun, termasuk yang berkedok transaksi online atau donasi.

Untuk itu, apabila kamu mengalami tindak penipuan atau menemukan oknum yang menyalahgunakan rekening Jenius untuk tujuan penipuan, segera laporkan melalui e-mail ke Jenius Help di jenius-help@btpn.com dengan menyertakan dokumen pendukung berikut:
  1. Data diri pelapor (foto KTP)
  2. Nomor handphone/telepon atau alamat e-mail kamu yang dapat dihubungi
  3. Data pelaku penipuan (nama lengkap dan nomor rekening)
  4. Bukti percakapan dengan pelaku penipuan
  5. Berupa screenshot WhatsApp, SMS, atau media elektronik lainnya
  6. Bukti transfer atau pembayaran ke rekening pelaku penipuan
Apabila terbukti melakukan penipuan, Jenius dan Bank BTPN akan melakukan tindakan tegas terhadap oknum tidak bertanggung jawab tersebut.

Jenius dan Bank BTPN mengimbau untuk selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi, terutama transaksi online. Penipu yang telah menerima pembayaran melalui transaksi online bisa langsung memindahkan uangnya ke rekening lain atau mencairkan uang hasil penipuan, sebelum korban sadar bahwa mereka tertipu. Apabila ini terjadi, kemungkinan uang kembali akan sangat kecil. Waspadai penjual online yang menawarkan produk dengan harga sangat murah, akun media sosial yang belum lama dibuat, penjual yang tidak menampilkan testimonial pembeli di akun media sosial tersebut, penjual yang tidak secara rinci menjelaskan ketersediaan layanan pengembalian atau penukaran barang, atau hal-hal lainnya yang bisa secara lengkap kamu pelajari di sini.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk tetap waspada adalah dengan melakukan validasi rekam jejak transaksi rekening tujuan melalui berbagai sumber terpercaya misalnya www.cekrekening.id atau www.kredibel.co.id.

Selain itu, pastikan kamu gak memberikan informasi pribadi seperti password, PIN, kode OTP, alamat e-mail kepada siapa pun, termasuk pihak yang mengaku dari Jenius atau Bank BTPN. Keamanan data pribadi kamu sangat penting.

Baca juga: Waspadai Penipuan yang Mengatasnamakan Jenius

Sharing is caring. Jangan lupa untuk memberikan edukasi mengenai hal ini kepada keluarga serta #temanjenius lainnya ya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Jenius Help di 1500 365 atau e-mail ke jenius-help@btpn.com.

Share
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius