#CERITASUMBA

yang Bermakna Semakin Dekat

Donasi #CeritaSumba telah berakhir.
Terima kasih atas partisipasi kamu dalam mendekatkan
akses air bersih bagi masyarakat Sumba Timur.
Hasil total donasi yang telah terkumpul akan digunakan
untuk membangun instalasi air bersih di Desa Lai Lanjang,
Sumba Timur.

Kepingan #CeritaSumba

Total Donasi

Jenius berhasil mengumpulkan
Rp334.020.754,00.
Dari total partisipan sejumlah
632 orang.

2 km

Warga Desa Lai Lanjang memanfaatkan air sungai untuk mandi, mencuci pakaian, dan diambil ke rumah menggunakan jeriken. Untuk menuju sungai, ibu dan anak-anak harus berjalan kaki sejauh 2 km.

20 Liter

Terkait dengan terbatasnya jumlah air di sumur, warga Desa Lai Lanjang memiliki kuota pengambilan air. Masing-masing keluarga di Desa Lai Lanjang hanya diperbolehkan mengambil 20 liter air setiap 1x menimba di sumur.

5x Sehari

Warga Desa Lai Lanjang mengambil air sebanyak 5 kali dalam sehari. Jika antrean di sumur terlalu panjang atau sumur dalam kondisi kering, warga beralih ke sungai. Tugas mengambil air di Sumba dikerjakan oleh ibu dan anak-anak.

1 Sumur

Ratusan warga Desa Lai Lanjang memanfaatkan 1 sumur tua untuk mendapatkan air bersih. Setiap hari warga Desa Lai Lanjang menimba air dari sumur tua yang telah berdiri di sana selama puluhan tahun.

Artikel Sumba

3 Destinasi Liburan yang Wajib Dikunjungi Tahun 2018

Tahun baru identik dengan membuat resolusi. Bagi kamu yang suka traveling, daftar resolusi tersebut kemungkinan besar berisi rencana-rencana perjalanan yang ingin dilakukan tahun depan. Mulai dari mengunjungi kembali tempat yang meninggalkan kesan tertentu, hingga mencari destinasi-destinasi baru untuk dijelajahi. Baru-baru ini, Lonely Planet mengumumkan daftar tempat terbaik yang harus dikunjungi di tahun 2018. Namun sayangnya, […]

Read more

4 Film Berlatar Sumba yang Wajib Kamu Tonton

Karena “Ada Apa Dengan Cinta 2”, wisatawan berbondong-bondong mendatangi Gereja Ayam dan Sate Klathak Pak Bari demi melihat langsung lokasi yang menjadi tempat Rangga dan Cinta menghabiskan waktu bersama di Yogyakarta. Begitu pula dengan Gunung Semeru yang kebanjiran pendaki sesaat setelah film “5cm” tayang tahun 2012 lalu. Kamu sendiri, pernahkah mengunjungi suatu tempat yang menjadi […]

Read more

Cerita Dian Sastrowardoyo Tentang Sumba

Beberapa bulan lalu, Dian Sastrowardoyo mengunjungi Sumba Timur untuk shooting film pendek, “Lukamba Nduma Luri – Benang yang Memberi Ruh, Kain yang Memberi Hidup” bersama Pritagita Arianegara. Itu bukanlah kali pertama Dian pergi ke Sumba. Di tahun 2015, ia mengunjungi Sumba Barat bersama sang suami untuk anniversary pernikahan mereka. Apa yang dilihatnya saat itu gak akan pernah ia lupakan.

Read more
Terima Kasih

Pastikan kamu membuka Jenius app
untuk mengonfirmasi donasi

Error

Donasi kamu belum berhasil.
Silakan cek kembali penulisan Cashtag dan saldo kamu, lalu ulangi proses.

Atau hubungi Jenius Help di 1500 365.