#CERITASUMBA

Mendekatkan yang bermakna

Dalam kondisi sederhana, masyarakat Sumba hidup bahagia dan selalu bisa tertawa. Apa rahasianya? Apa yang terjadi di sana jika kita mendekatkan yang bermakna dan menambah kebahagiaan mereka?

Kepingan #CeritaSumba

350 juta

Pembuatan sumber air baru di Desa Lai Lanjang membutuhkan dana sebesar Rp350.000.000. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan 1 sumur bor yang bisa dimanfaatkan warga Desa Lai Lanjang, sekolah, mes guru, perkebunan, dan kawasan translok.

2 km

Warga Desa Lai Lanjang memanfaatkan air sungai untuk mandi, mencuci pakaian, dan diambil ke rumah menggunakan jeriken. Untuk menuju sungai, ibu dan anak-anak harus berjalan kaki sejauh 2 km.

20 Liter

Terkait dengan terbatasnya jumlah air di sumur, warga Desa Lai Lanjang memiliki kuota pengambilan air. Masing-masing keluarga di Desa Lai Lanjang hanya diperbolehkan mengambil 20 liter air setiap 1x menimba di sumur.

5x Sehari

Warga Desa Lai Lanjang mengambil air sebanyak 5 kali dalam sehari. Jika antrean di sumur terlalu panjang atau sumur dalam kondisi kering, warga beralih ke sungai. Tugas mengambil air di Sumba dikerjakan oleh ibu dan anak-anak.

1 Sumur

Ratusan warga Desa Lai Lanjang memanfaatkan 1 sumur tua untuk mendapatkan air bersih. Setiap hari warga Desa Lai Lanjang menimba air dari sumur tua yang telah berdiri di sana selama puluhan tahun.

Jenius App

Setiap donasi yang dikirim dengan Jenius
dapat tambahan sebesar 10%

Segera download Jenius dan pastikan kamu memasukkan
$CeritaSumba sewaktu registrasi.

Artikel Sumba

4 Film Berlatar Sumba yang Wajib Kamu Tonton

Karena “Ada Apa Dengan Cinta 2”, wisatawan berbondong-bondong mendatangi Gereja Ayam dan Sate Klathak Pak Bari demi melihat langsung lokasi yang menjadi tempat Rangga dan Cinta menghabiskan waktu bersama di Yogyakarta. Begitu pula dengan Gunung Semeru yang kebanjiran pendaki sesaat setelah film “5cm” tayang tahun 2012 lalu. Kamu sendiri, pernahkah mengunjungi suatu tempat yang menjadi […]

Read more

5 Kepingan Cerita Sumba yang Harus Kamu Tau

Selain keindahan alam yang mengundang decak kagum, Dian Sastrowardoyo juga jatuh sayang pada keramahan orang-orang Sumba. Gak hanya itu, rasa syukur, pekerja keras, dan jiwa pantang menyerah yang ada di diri masing-masing orang akan menginspirasi siapa pun yang berkunjung ke tempat ini dan berinteraksi dengan mereka. Semua itu terbentuk sejak di usia dini hingga mereka […]

Read more

Di Balik Cerita Sumba

Banyak yang belum menyadari keindahan tanah Sumba di timur Indonesia. Dengan topografi yang landai hingga bergelombang, bukit dan lembah yang hijau ketika musim penghujan, berubah menjadi sabana yang terbentang luas saat musim kemarau, Sumba menyajikan surga dunia yang masih belum banyak terjamah. Ketenangan yang diberikan membawa kita kembali ke alam, tak lepas iringan sapaan dan […]

Read more

Cerita Dian Sastrowardoyo Tentang Sumba

Beberapa bulan lalu, Dian Sastrowardoyo mengunjungi Sumba Timur untuk shooting film pendek, “Lukamba Nduma Luri – Benang yang Memberi Ruh, Kain yang Memberi Hidup” bersama Pritagita Arianegara. Itu bukanlah kali pertama Dian pergi ke Sumba. Di tahun 2015, ia mengunjungi Sumba Barat bersama sang suami untuk anniversary pernikahan mereka. Apa yang dilihatnya saat itu gak akan pernah ia lupakan.

Read more

FAQ

  • Apakah ada batas jumlah pemberian donasi untuk #CeritaSumba?

    Tidak ada batas pemberian donasi untuk #CeritaSumba.

  • Apakah ada biaya transfer ketika melakukan donasi?

    Bagi nasabah Jenius, tidak akan ada biaya transfer ke Cashtag $CeritaSumba. Sedangkan, bagi kamu yang melakukan donasi dengan transfer ke rekening BTPN, kamu akan dikenakan biaya senilai Rp6.000-Rp7.000 (tergantung dari bank pengirim).

  • Bagaimana sistem insentif untuk kampanye #CeritaSumba?

    Jenius akan menambahkan 10% dari jumlah donasi yang kamu berikan melalui cashtag $CeritaSumba atau Jenius Pay.
    Contohnya: Apabila kamu mendonasikan senilai Rp100.000, Jenius akan memberikan insentif senilai Rp10.000, sehingga total donasi menjadi Rp110.000.
    Total donasi kamu termasuk insentif dapat diakses di website Jenius yaitu jenius.com/CeritaSumba.

  • Jika saya memberikan donasi lebih dari 1 (satu) kali selama periode, apakah tambahan 10% akan diberikan pada setiap donasi yang saya berikan atau hanya pada donasi pertama saja?

    Tambahan 10% akan Jenius berikan di setiap donasi.

  • Jika saya sudah melakukan transfer untuk donasi #CeritaSumba, apakah saya akan mendapatkan bukti bahwa saya telah memberikan donasi?

    Ya, kamu akan menerima e-mail sehari setelah kamu memberikan donasi sebagai konfirmasi atas donasi yang telah kamu berikan dan informasi perihal total donasi yang sudah diberikan pada hari tersebut.

  • Kapan donasi yang sudah terkumpul akan diberikan dan dipakai oleh pihak Waterhouse Project dan Yayasan Dian Sastrowardoyo untuk pembangunan di Sumba Timur?

    Pemberian donasi akan diberikan di pertengahan Januari 2018. Setelah itu, dana tersebut akan digunakan untuk membangun akses air bersih seperti pembuatan sumur baru, pembangunan atau pemasangan pipa dan pompa dengan energi yang diperbarukan sesuai dengan kondisi di Desa Lai Lanjang dan sekitarnya.

  • Apakah saya bisa memberikan donasi dalam bentuk barang untuk kampanye ini?

    Untuk kampanye kali ini hanya menerima donasi dalam bentuk uang.

  • Jika saya belum menjadi pengguna Jenius dan ingin membuka rekening Jenius, apa yang harus saya lakukan?

    Kamu bisa langsung mendatangi booth Jenius atau melakukan langkah di bawah ini:

    1. Download aplikasi JENIUS pada App Store / Google Play Store.
    2. Siapkan KTP untuk melakukan registrasi.
    3. Untuk kamu yang berlokasi di Jabodetabek atau Bandung, lanjutkan proses registrasi selanjutnya dengan menekan tombol “Aktifkan” atau “Bertemu Jenius Crew-mu sekarang” pada aplikasi Jenius untuk memanggil Jenius Crew datang ke tempatmu dan melakukan aktivasi rekening.
    4. Untuk kamu yang berlokasi di luar Jabodetabek atau Bandung, kunjungi kantor cabang BTPN Sinaya dan lakukan aktivasi rekening Jenius. Lokasi cabang BTPN Sinaya dapat dilihat pada di sini.
    5. Setelah rekening Jenius sudah aktif, kamu dapat mengaktifkan kartu debit m-Card atau memesan pembuatan kartu debit x-Card dari dalam aplikasi Jenius.
  • Jika saya sudah pernah menjadi pengguna Jenius dan sudah uninstall Jenius dari HP saya, apa yang harus saya lakukan?
  • Jika ada pertanyaan atau sanggahan, ke mana saya bisa menanyakannya?

    Untuk pertanyaan mengenai promo ini, kamu dapat menghubungi Jenius Help di 1500 365 atau melalui Jenius Chat di aplikasi Jenius.

Terima Kasih

Pastikan kamu membuka Jenius app
untuk mengonfirmasi donasi

Error

Donasi kamu belum berhasil.
Silakan cek kembali penulisan Cashtag dan saldo kamu, lalu ulangi proses.

Atau hubungi Jenius Help di 1500 365.