Beli Gadget Impian dengan 5 Tips ala Jenius


*berkolaborasi dengan IDN Times

Bisa memiliki gadget impian merupakan keinginan setiap pencinta gadget yang sebelumnya hanya bisa mendambakannya saat nonton video-video tech review di YouTube. Namun, membeli gadget terkadang bukan perkara mudah.

Kadang kita dihadapkan oleh begitu banyak pilihan dengan harga yang berbeda, masih ada keraguan, pertimbangan garansi dan keawetannya, hingga pengaruh review di internet. Lalu, bagaimana caranya supaya kita yakin dengan gadget yang ingin kita beli tanpa harus memusingkan semua hal itu dulu? Coba ikuti cara di bawah ini:

  1. Tentukan gadget apa yang kamu butuhkan
  2. Mungkin kamu butuh smartphone baru berhubung yang lama sudah berusia beberapa tahun dan mulai menunjukkan performa yang lelet? Atau butuh kamera baru untuk menunjang hobi fotografimu? Apa pun itu, pastikan dulu apa yang kamu butuhkan serta model yang seperti apa. Jangan mudah kalap untuk mengingini sesuatu karena melihat orang lain.

  3. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dari gadget yang kamu butuhkan
  4. Setelah kamu yakin ingin membeli apa, mulai cari tau kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, kamu sudah mantap untuk membeli konsol game terbaru, namun terdapat tiga pilihan, yakni PlayStation 4, XBOX One, serta Nintendo Switch. Dengan melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu, kamu bisa tau kelebihan dan kekurangan dari masing-masing konsol tersebut dan bisa membantu menentukan pilihan yang tepat.

  5. Hitung berapa budget yang dibutuhkan
  6. Kamu sudah menemukan gadget yang ingin kamu beli. Persoalannya sekarang adalah harganya. Kalau saat ini masih belum punya simpanan, pikirkan juga kapan bisa membelinya. Katakanlah kamu membutuhkan Rp4.000.000 untuk membeli smartphone incaranmu. Dengan menabung sekitar Rp600ribuan per bulan, kamu bisa membelinya dalam waktu 6 bulan saja.
    Nah, pastikan uang yang kamu sisihkan per bulan tersebut gak terpakai untuk hal lain. Kamu bisa coba fitur Dream Saver dari Jenius. Dream Saver akan secara otomatis menyisihkan jumlah tersebut ke tabungan impianmu, jadi simpananmu ini aman dari transaksi harian yang sering kali memakai dana tabungan impianmu tanpa disadari.

  7. Hati-hati saat membeli online
  8. Meski sekarang kita dimudahkan dengan adanya belanja online, untuk urusan barang elektronik, belanja online masih tergolong lebih berisiko. Selain dikarenakan kita gak bisa mengecek langsung keadaan fisik dan mengetes performa barang, juga ada risiko barang rusak saat pengiriman. Nah, kalau kamu memang memutuskan untuk membeli secara online, pastikan sudah memahami risikonya serta sebisa mungkin memilih toko online yang benar-benar terpercaya.

  9. Hindari membeli barang bekas pakai
  10. Hal ini dikarenakan kita gak tau bagaimana kebiasaan pemakaian pengguna sebelumnya. Bisa saja, di gadget yang hendak kita beli, ada spare part tertentu yang sudah diutak-atik sebelum dijual ke kamu. Selain itu, tidak adanya garansi juga kerap kali bikin kita sulit ketika mau servis nantinya.

Nah, itu dia lima tips yang bisa kamu terapkan sebelum memutuskan untuk membeli gadget baru. Dengan begini, gak ada lagi deh yang bisa menghalangi prioritasmu memiliki gadget impian!


Share this news to: