Atur Alokasi Pengeluaran dengan x-Card Jenius


Kalau mengenang lagi masa kecil dulu, kita tentu punya cara masing-masing untuk mengatur uang jajan. Ada yang mungkin rajin menyisihkan ke celengan setiap hari, ada juga yang suka menyelipkan di antara buku, dan cara lainnya. Salah satu yang mungkin pernah kalian ketahui atau lakukan adalah dengan membagi uang jajan ke dalam amplop sesuai tujuannya masing-masing, misalnya uang makan, biaya transportasi, beli keperluan hobi, dan lain-lain. Kebiasaan ini membuat pengeluaran jadi lebih teratur karena pengeluaran yang dibatasi sesuai pembagiannya masing-masing.

Begitu kita cukup umur untuk memiliki rekening di bank, semua pendapatan pun kita alokasikan di satu tempat. Pada akhirnya, simpanan dan segala transaksi, semuanya kita lakukan melalui satu rekening tersebut. Yang awalnya kita berpikir dengan menyimpan uang di bank akan lebih aman dari pemakaian berlebih, ternyata yang umum terjadi adalah sebaliknya. Tanpa kita sadari, kita punya kecenderungan untuk memakai uang lebih dari yang diharapkan, apalagi kalau semua disimpan di satu tempat.

Jenius ingin mengembalikan lagi kebiasaan lokal yang sudah tertanam lama dalam kebudayaan kita dan menggabungkannya dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang. Jenius menciptakan ulang sistem amplop untuk disesuaikan dengan kebutuhan dengan cara yang modern. Kini kamu bisa mengatur pengeluaran langsung dari smartphone kamu dan terhindar dari pemakaian uang berlebih. Lalu bagaimana Jenius membantumu dalam hal ini?
 

x-Card Jenius untuk Alokasi Pengeluaran

x-Card adalah kartu debit ekstra. Sama seperti sistem amplop, kamu bisa membagi pengeluaran ke dalam pos-pos tertentu sesuai kebutuhan dan mengatur alokasi dana tersebut ke dalam x-Card, bahkan sekaligus memanfaatkan m-Card dan e-Card Jenius kamu. Contohnya di bawah ini.

Misalnya setelah dikurangi kewajiban, seperti tagihan dan cicilan, serta sekian persen untuk ditabung, kamu masih memiliki Rp4.000.000 untuk pengeluaran bulanan. Kamu bisa membagi menjadi Rp1.250.000 di m-Card untuk pengeluaran harian, Rp500.000 di e-Card untuk budget online shopping, Rp1.000.000 di x-Card pertama yang bernama Weekend untuk budget hangout kamu di akhir pekan, Rp750.000 di x-Card kedua bernama Transportasi untuk budget perjalanan kamu selama sebulan, Rp500.000 di x-Card ketiga bernama Hobi untuk segala yang berhubungan dengan hobi kamu.

Semua pembagian tersebut bisa diatur sesuai kebutuhanmu, tapi tentunya hal ini akan membuat pengeluaranmu lebih terjaga. Untuk online shopping misalnya, secara otomatis kamu membatasi dirimu untuk tidak belanja lebih dari batas yang kamu tentukan sendiri.

Yang menariknya lagi, x-Card bisa kamu berikan ke pihak yang kamu percaya. Misalnya x-Card Transportasi kamu berikan ke sopir. Walaupun bisa dipindahtangankan, pengelolaan kartu tetap langsung dari aplikasi Jenius kamu.
 

Pengelolaan dalam Genggaman Tangan

x-Card bisa dikelola langsung dari aplikasi Jenius, tepatnya melalui menu Card Center. Pilih x-Card yang ingin kamu ubah pengaturan di dalamnya. Setelah itu, kamu bisa memilih menu Top Up Kartu untuk menambahkan saldo ke dalam x-Card tersebut atau menu Blokir Kartu untuk blokir sementara, buka blokir kartu, atau blokir permanen apabila x-Card Jenius kamu hilang atau rusak.

     

 
Kalau kamu melihat tiga titik yang ada di kanan atas, itu adalah menu yang menampilkan pengaturan x-Card yang lebih lengkap seperti Ubah Nama Kartu untuk mengganti nama kartu x-Card sesuai kebutuhan, Ubah Limit untuk mengubah limit belanja per transaksi dan limit penarikan harian di ATM, Ubah PIN untuk mengubah enam digit nomor PIN x-Card kamu, Refund untuk memindahkan kembali uang yang ada di dalam x-Card kembali ke Saldo Aktif, dan Hapus Kartu untuk menonaktifkan x-Card tersebut.
 

Akses dari Mana Saja

Sama seperti m-Card dan e-Card, x-Card bisa kamu gunakan untuk transaksi belanja online dan di berbagai merchant retail, restoran, dan lain-lain yang menerima VISA serta tarik tunai ATM di jaringan BTPN dan Prima/Bersama. Khusus x-Card, kamu memiliki bebas 10 kali tarikan tunai dari ATM mana pun di seluruh Indonesia. Untuk lebih lengkap seputar aksesibilitas ini, kamu bisa membaca di artikel berikut.

Seluruh transaksi yang kamu lakukan tersebut bisa dilihat melalui fitur Card Center dalam aplikasi Jenius kamu. Pilih x-Card yang inginkan lalu pilih menu Transaksi. Semua transaksi yang tercatat dalam setiap kartu bisa membantu kamu mengatur pengeluaran lebih baik.
 

Buat x-Card Kamu Sekarang!

Kamu bisa mengajukan permintaan pembuatan x-Card ini melalui menu Card Center, pilih desain kartu yang kamu suka, lalu tunggu sampai x-Card dikirim ke alamat tujuan yang kamu inginkan. Ikuti video di bawah ini untuk lebih jelasnya.

x-Card Jenius hadir dengan 3 pilihan warna; biru, ungu, dan hijau. Kamu bisa mengajukan permintaan pembuatan maksimal sampai 3 kartu.

Ayo, mulai atur pengeluaranmu, karena mengelola pengeluaran dengan benar juga berarti menabung.


Share this news to: