6 Travel Hacks untuk Efisiensi Budget Traveling


Setiap awal tahun, sudah menjadi kebiasaan untuk langsung mengecek kalender tahun yang baru dan melihat berapa banyak serta kapan saja ada tanggal merah sebagai acuan waktu yang tepat untuk bisa dipakai traveling. Pemakaian jatah cuti tentu jadi lebih minimal karena memanfaatkan tanggal merah tersebut.

Setelah mempelajari informasi tersebut, kita bisa mulai membuat plan untuk traveling, seperti pemilihan tanggal atau menentukan destinasi liburan yang pas. Sebelum memulai perencanaan lebih matang, coba pelajari beberapa travel hacks berikut. Persiapan traveling gak jauh-jauh dari persiapan keuangan yang matang, dengan mengetahui tips dan trik yang tepat, kamu bisa mencegah pengeluaran yang gak perlu nantinya.

  1. Tiket Pesawat
  2. Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, pastikan kita membelinya dari jauh-jauh hari dan pantau terus perbandingan harga tiket pesawat ke destinasi tujuan. Aktifkan private browsing di internet browser kamu saat mencari tiket pesawat secara online. Hal ini dikarenakan sering kali website travel merekam kunjungan kita ke website tersebut dan akan menaikkan harga karena kita pernah mengunjungi atau melakukan pencarian di website mereka sebelumnya. Kalau dirasa harga tiket masih cukup mahal jika dibeli secara online, kamu bisa membandingkan dengan harga penawaran travel fair yang biasa diadakan oleh beberapa maskapai penerbangan di awal dan akhir tahun.

  3. Akomodasi
  4. Ada banyak pilihan tempat menginap selama traveling baik di luar maupun di dalam negeri, seperti hotel, hostel dan bahkan rumah atau apartemen yang disewakan lewat website layanan booking kamar/rumah, yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Jangan hanya terpaku pada satu website, coba lakukan perbandingan harga di website lain yang serupa karena siapa tau kita bisa dapat harga lebih murah. Penting juga untuk selalu membaca review terlebih dahulu mengenai tempat yang akan kita tinggali selama traveling.

  5. Layanan Internet
  6. Tidak semua negara memperbolehkan turis asing untuk memakai kartu provider seluler setempat. Pilihannya, kita bisa sewa modem Wi-Fi bareng teman atau keluarga supaya komunikasi bisa jalan terus. Gak kalah penting, kita bisa memanfaatkan peta Wi-Fi buatan Anil Polat, seorang travel blogger plus computer security engineer, yang berisi informasi Wi-Fi di kurang lebih 127 bandara di seluruh dunia lengkap dengan nama Wi-Fi, password, dan bahkan posisi strategis untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi paling oke.

  7. Transportasi Lokal
  8. Selain gak perlu takut lagi akan tersesat selama traveling, perkembangan teknologi di bidang traveling saat ini juga membantu kamu untuk bisa membuat prediksi pengeluaran yang berkaitan dengan transportasi jauh lebih awal sebelum kamu berangkat ke sana. Misalnya, dengan memanfaatkan website layanan transportasi seperti Rome2Rio yang memberikan petunjuk transportasi lokal yang bisa digunakan, lengkap dengan pilihan jenis transportasi dan perbandingan harga yang harus dikeluarkan.

    Selain itu, kamu juga bisa menikmati layanan tourist city pass yang ditawarkan destinasi tujuan, seperti Singapore Tourist Pass untuk di Singapore, Japan Rail Pass untuk di Jepang, atau Eurail Pass untuk menikmati layanan kereta antar negara-negara Uni Eropa. Semua ini bisa kamu beli lebih awal di Indonesia dari agen perjalanan dengan paket harga yang lebih murah.

  9. Uang Jajan
  10. Gak perlu lagi pusing memikirkan berapa banyak uang tunai yang harus ditukarkan di sini untuk nantinya kamu bawa saat perjalanan. Dengan menggunakan Kartu Debit Jenius Visa, kita bisa dengan mudah melakukan tarik tunai di luar negeri, selama dilakukan di ATM yang tergabung dalam jaringan Visa. Setelah melakukan penarikan uang tunai, transaksi tersebut akan tercatat secara real-time di dalam In & Out yang ada di aplikasi Jenius kamu, dengan nominal yang langsung terkonversi dalam Rupiah termasuk biaya administrasi dari Visa sebesar Rp 25.000. Kamu juga gak perlu takut kebablasan karena limit tarikan tunai Kartu Debit Jenius bisa kamu atur sendiri melalui fitur Card Center pada aplikasi Jenius. Semuanya perencanaan untuk uang jajan bisa kamu tentukan dari awal dan tetap terjaga selama perjalanan.

  11. Souvenir
  12. Jika kamu ingin membawakan oleh-oleh, akan lebih baik membuat daftar nama teman atau anggota keluarga terlebih dahulu. Ini tentunya sangat membantu dalam menghemat pengeluaran dan gak kalap saat belanja oleh-oleh nantinya. Gak menutup kemungkinan juga ada teman atau anggota keluarga yang titip membelikan barang di destinasi liburan kamu nantinya. Untuk ini, pastikan mereka udah memberikan dananya sebelum berangkat ya, supaya budget perjalanan kamu tetap aman sesuai perencanaan.


Share this news to: