5 Tips Tambah Koleksi Tanpa Bikin Dompet Menipis


Sebagai moviegoers, kehadiran sequel, prequel, atau spin-off setelah kesuksesan suatu film pasti jadi hal yang ditunggu-tunggu. Tak jarang kalau film tersebut akan memiliki fanbase yang kuat dan mendorong pihak produser untuk akhirnya memperluas keuntungan dengan memproduksi merchandise yang sangat menarik untuk dikoleksi.

Ini yang sedang dilakukan Disney dan Lucasfilm. Setelah spin-off yang cukup menggoda fans setia di tahun 2016, akhir tahun ini Disney dan Lucasfilm akan merilis Star Wars Episode VIII: The Last Jedi. Fans tentunya akan semakin dimanjakan dengan kehadiran koleksi merchandise yang berhubungan dengan film-film tersebut sebagai pelengkap imajinasi mereka untuk ikut tergabung dalam cerita.

Bicara soal merchandise, bukan hal aneh lagi jika sebuah film memiliki seri game console, action figure, atau jenis mainan collectible lainnya yang diproduksi dalam waktu terbatas. Sebagai kolektor pastinya kamu merasa wajib memliki semua ini. Tapi ingat, jangan sampai hobi kamu bikin pengeluaran lain jadi terkena dampaknya.

Coba ikuti 5 hal berikut supaya bisa belanja barang hobi dan menambah koleksi mainan tanpa bikin tabungan kamu jebol.

  1. Update info komunitas
    Gabung di komunitas kolektor tertentu bisa jadi sangat menguntungkan buat kamu. Selain update mainan terbaru dan lokasi penjualan untuk harga terbaik, gak menutup kemungkinan kamu ketemu kolektor yang bersedia menjual koleksi pribadinya (yang mungkin juga langka) dengan harga relatif murah.
  2. Timing is everything
    Sesekali ambil risiko dengan pre-order. Produk mainan yang baru dirilis produsen biasanya dijual lebih murah bahkan hingga diskon 20%. Tunggu beberapa tahun lagi dan kamu akan kaget melihat harga mainan yang meroket ketika mainan tersebut sudah gak diproduksi lagi.
  3. Festival mainan
    Kalau kamu rajin pantengin bazaar hingga lelang mainan, kamu akan melihat banyak koleksi lengkap dengan penawaran harga yang lebih murah. Gak menutup kemungkinan kamu juga bisa menukar koleksimu dengan item incaran yang dimiliki kolektor lain.
  4. Fokus ke yang kamu suka
    Antusias boleh, tapi harus fokus juga. Pastikan benar-benar apa yang kamu suka dan ingin kamu koleksi. Jangan hanya karena impulsif akhirnya kamu beli banyak hal. Kalau memang kamu mengoleksi action figure, pastikan kamu fokus di satu itu saja. Kalau kamu menyukai seri Game of Thrones, misalnya, incar koleksi mainan dari judul TV series ini saja.
  5. Tentukan budget
    Gak hanya pilihan koleksi, masalah budget juga harus fokus. Jangan sampai pendapatan kamu habis hanya untuk hobimu ini. Tentukan dana yang mau disisihkan untuk hobimu, pisahkan dari alokasi dana untuk kebutuhan sehari-hari, biar kamu tetap bisa memanjakan dirimu dengan membeli koleksi mainan incaran.

Sekarang kamu bisa punya kartu debit khusus untuk hobimu dengan x-Card Jenius. Kartu debit tambahan dari Jenius ini bisa jadi cara baru atur keuangan dan membagi pengeluaran ke pos-pos spesifik, termasuk untuk hobimu. Dengan x-Card Jenius kamu bisa tetap senang-senang tanpa kebablasan. Cek info lengkap x-Card Jenius di sini.


Share this news to: