4 Tipe Kamera Sesuai Kebutuhanmu


Kalau melihat tren fotografi beberapa tahun yang lalu, memiliki kamera seperti menjadi kebutuhan tersier yang biasanya hanya diminati oleh mereka yang memang serius menggeluti dunia fotografi, seperti fotografer profesional misalnya. Namun kalau diperhatikan sekarang, kamera seperti menjadi benda yang wajib dimiliki. Banyak orang yang punya hobi fotografi atau setidaknya senang merekam momen tertentu walaupun dia bukan seorang fotografer profesional. Kamera menjadi salah satu instrumen utama yang harus dibawa terutama saat jalan-jalan.

Ada berbagai jenis kamera yang dijual di pasaran. Nah, kamu perlu tau kamera seperti apa yang kamu butuhkan. Jangan sampai kamu salah beli hanya karena ikut-ikutan teman. Sebelum salah beli, coba ikuti panduan di bawah ini untuk tau kamera seperti apa yang pas dengan kebutuhanmu.

  1. Serius untuk foto

    Kalau kamu memang serius untuk terjun ke dunia fotografi, berarti pilihanmu antara kamera DSLR atau mirrorless, karena keduanya bisa menghasilkan kualitas foto yang mumpuni. Keduanya juga memiliki berbagai jenis lensa yang bisa kamu tambahkan sesuai dengan minat fotografimu, ada yang cocok untuk foto portrait, pemandangan, objek yang bergerak, dan sebagainya. Pilihan antara DSLR dan mirrorless memang menjadi preferensi masing-masing, karena menurut artikel di rumorkamera.com, sekarang sudah gak ada perbedaan yang nyata pada kualitas hasilnya.

  2. Dibawa berpetualang ekstrim

    Kegiatan berpetualang membutuhkan barang yang ringkas, gak terlalu berat, dan tahan banting. Misalnya kamu naik sepeda ke gunung dengan jalur yang kurang mulus, akan merepotkan kalau membawa kamera yang besar dan berat. Untuk ini, kamu perlu action cam yang mungil dan ringan. Enaknya lagi si action cam ini bisa dipasang di kepala atau di alat transportasi yang kamu naiki. Selain itu, action cam ini biasanya dilengkapi casing tambahan anti air sehingga bisa kamu pakai sambil menyelam. Hasilnya tentu bisa jadi foto/video petualangan yang seru, bukan?

  3. Buat vlogging

    Vlogging atau video blogging belakangan ini jadi tren yang diminati dan dilakukan banyak orang. Konten videonya bisa berupa kegiatan sehari-hari, rekaman jalan-jalan, review tempat makan, dan masih banyak lagi. Nah, sekarang sudah banyak pilihan kamera yang bisa digunakan untuk vlogging, mulai dari DSLR sampai mirrorless. Lebih enak lagi kalau kameramu memiliki LCD yang bisa di-flip 180 derajat, jadi kamu bisa memantau hasil gambar yang diambil ketika sedang vlogging. Tambahan mini tripod atau gorillapod juga bisa membantu  sebagai pegangan ketika kamu vlogging sambil mobile.

  4. Point-and-shoot

    Kamera point-and-shoot atau compact camera ini memang bisa jadi andalan ketika kamu malas bawa kamera berat seperti DSLR, butuh yang mudah dimasukkan ke saku, dan praktis digunakan. Bukan berarti hasil gambarnya gak lebih baik dari kamera lainnya. Sekarang banyak juga kok compact camera dengan kualitas gambar yang sangat bagus. Walaupun begitu, kelebihan utamanya tentu di penggunaannya. Begitu menemukan sesuatu yang menarik, tinggal keluarin kameranya dari saku, arahkan ke obyek, lalu klik. Sesimpel itu.

Pertimbangan di atas bersifat sebagai panduan referensi dan gak mutlak. Pada akhirnya keputusan untuk pilihan kamera yang mau dibeli kembali ke kamu sendiri. Kalau mau kualitas foto atau video yang oke, berarti perlu memilih kamera dengan kualitas yang baik juga. Kamera yang bagus biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Kecuali kamu sudah siap dengan budget yang gak sedikit, tentunya kamu perlu mengatur keuanganmu supaya kamera impian bisa terbeli.

Biar impianmu cepat tercapai dan tabungan kameramu aman dari pengeluaran ini itu, kamu bisa pakai Dream Saver dari Jenius.  Setelah kamu menentukan impian yang ingin diraih dan target dana yang ingin dicapai, Dream Saver akan menghitung periode tabungan dan besarnya uang yang harus kamu kumpulkan. Setiap hari, minggu, atau bulanan, tergantung pilihanmu, Jenius akan secara otomatis menyetor uang dari saldo utama ke tabungan Dream Saver-mu. Yang pastinya akan membuat impianmu cepat tercapai adalah bunga 5% per tahun yang akan kamu dapatkan dalam tabungan Dream Saver ini. Yuk, tunggu apa lagi? Buat Dream Saver sekarang supaya impian punya kamera idaman cepat tercapai!


Share this news to: