4 Langkah Penting Sebelum Memulai Usaha


*berkokreasi dengan Daya.id

Bingung mau membuka usaha apa? Sebenarnya kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang kamu sukai. Kalau kamu memiliki kemampuan di bidang desain, kamu bisa membuka usaha grafis desain. Kalau kamu suka memasak, kamu bisa mulai membuka usaha katering.



Walaupun begitu, memulai sebuah usaha dan menjadi enterpreneur gak bisa hanya dilandasi dengan kesukaan pada bidang tersebut saja. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar usaha tersebut berkembang dan menjadi sukses. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan menurut Sutie Rahyono, Praktisi & Pendamping Usaha Kecil:

Lakukan riset terlebih dahulu


Saat sudah memilih ingin membuka usaha apa, yang perlu kamu lakukan adalah riset. Riset menjadi hal yang penting untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang usaha yang akan kamu buat, bagaimana pembuatannya, bagaimana jalannya nanti, serta bagaimana minat pasar terhadap usaha tersebut. Dengan melakukan riset, kamu akan lebih siap lagi dalam membuka serta menjalani usaha.

Jangan terjebak masalah

Gak menutup kemungkinan kamu akan menemukan beberapa kendala saat menjalankan usaha. Coba atasi dengan metode trial and error, yaitu menguji ide yang akan kamu terapkan apakah berhasil atau tidak.



Contohnya, jika kamu menggeluti usaha kue. Kamu perlu mencoba membuat kue tersebut untuk melihat kesulitannya, memberikan kue buatan kepada orang lain untuk dicoba, dari situ kamu bisa mencatat apa saja kesalahan terjadi dan memperbaikinya supaya usaha kamu lebih siap untuk dijalani.


Pastikan ketika mengalami kendala, jangan terjebak terlalu lama pada hal tersebut. Temukan segera solusinya dan mulai beralih pada percobaan selanjutnya agar usaha kamu cepat didirikan.

Pintar olah modal


Dalam memulai suatu usaha, pastinya kamu perlu mempersiapkan modal agar segala hal yang diperlukan di dalam usaha dapat terpenuhi. Gunakan serta kelola modal sebaik mungkin. Modal bisa diperoleh melalui pinjaman, tetapi tetap memperhitungkan penggunaannya dengan baik dan memperhatikan tanggal modal tersebut harus dikembalikan.

Kamu juga perlu memisahkan dana modal tersebut. Selain menghindari dana yang sudah kamu persiapkan untuk usaha terpakai tanpa disadari, ini juga untuk memastikan bahwa keuanganmu untuk kebutuhan lainnya tetap terjaga. Untuk itu, Jenius menawarkan fitur Flexi Saver. Fitur tabungan fleksibel dengan bunga 5% per tahun ini bisa kamu tarik/setor sesukamu tanpa terikat periode tertentu. Kalau kamu menerima banyak pesanan dan mendapat pemasukan lebih, kamu bisa setor ke Flexi Saver. Kalau butuh dana tambahan karena usaha semakin berkembang, juga bisa menarik dana dari Flexi Saver. Pemisahan simpanan ini membuat keuanganmu tetap terjaga tanpa perlu membuat rekening bank baru, melainkan semuanya tersimpan dalam satu rekening Jenius.

Bermanfaat bagi orang


Sukses menjadi seorang entrepreneur tidak selamanya berbicara soal uang. Sukses juga dapat dicapai dengan kepuasan batin pribadi, misalnya dengan berhasil memberi bermanfaat bagi orang lain. Siapa saja orang lain tersebut? Bisa berarti karyawan atau pemilik bahan baku usaha kamu. Dengan terus mengambil bahan baku dan memperlakukan karyawan dengan baik, hal ini pastinya akan menambah kesuksesan tersendiri bagi usaha kamu.



Ayo, segera mulai usahamu dan kejar impianmu untuk menjadi entrepreneur. Selain membuat persiapan yang mantap, yakinlah juga bahwa usaha tersebut bisa terlaksana dengan baik.


Share this news to: