3 Tips Memulai Diet Sehat yang Mudah dan Murah


Sebagai masyarakat urban yang punya beragam kesibukan, mulai dari bekerja, menghabiskan waktu bersama keluarga, hingga bersosialisasi, kesehatan merupakan aset utama. Jadwal berantakan atau ada agenda penting tertunda karena sakit, harus ke dokter dan diwajibkan bed rest tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan -apalagi jika harus mengeluarkan uang banyak untuk berobat. Kita semua tentu familiar dengan istilah “sehat itu mahal”, padahal untuk jadi fit gak perlu daftar gym dengan budget yang melebihi kemampuan finansial kamu.

Sehat berawal dari diet dan pola makan yang tepat. Kalau kamu juga punya masalah berat badan, Women’s Health menjelaskan bahwa melakukan diet sehat berdampak lebih besar dalam membantu mencapai berat badan ideal dibandingkan olahraga.

Nah, buat memulai diet sehat di tengah jadwal kamu yang padat, coba deh pelajari trik berikut:

Kurangi Junk Food, Mulai Makan Sehat

Kegiatan yang serba padat bikin junk food jadi pilihan praktis dan mudah. Padahal kita tau junk food tinggi akan kadar garam dan lemak jenuh yang kalau dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa mengundang resiko penyakit degenerative seperti gangguan jantung maupun tekanan darah tinggi yang datang lebih awal.

Pelan-pelan, cobalah mulai mengonsumsi makanan sehat seperti produk organik yang bagus untuk tubuh karena minim residu pestisida dan senyawa kimia yang bersifat karsinogenik. Pilihan produk organik yang dijual memang bisa dibilang lebih mahal dari bahan pangan biasanya. Walaupun begitu, kamu bisa mulai dengan membeli bibit tanaman organik, menanamnya sendiri di rumah dan memantau langsung kualitasnya.

Pilih-Pilih Saat Belanja Bulanan

Cek kembali dan buat ulang bahan belanjaan yang mau dibeli saat belanja bulanan. Kalau sebelumnya banyak membeli makanan beku yang praktis disajikan, mulai sekarang cobalah mengambil pilihan yang lebih sehat seperti ikan, lean meat, buah-buahan, sayur-sayuran, dan bahan alami lainnya yang bukan merupakan processed food.

Kamu juga bisa mencoba mengolah sendiri bahan makanan yang dibeli. Ada banyak resep makanan sehat yang mudah dibuat dan bisa kamu temukan di mana-mana, seperti 35 resep sehat pilihan ini. Jangan lupa selalu siap sedia buah sebagai cemilanmu di waktu senggang. Daripada ngemil snack ringan, tentu lebih sehat mengkonsumsi buah.

Hemat Waktu dan Uang dengan Belanja Online

Kalau kamu gak sempat pergi ke supermarket, kamu bisa memilih layanan online shopping. Gak hanya urusan fashion atau make up, sekarang kamu juga bisa belanja groceries via online. Lebih spesifik lagi, gak sedikit juga online groceries yang mulai menjual khusus produk makanan sehat termasuk bahan-bahan organik.

Selain menghemat waktu dan biaya transportasi, kamu juga gak akan tergoda untuk beli barang-barang yang gak terlalu kamu butuhkan. Apalagi dengan belanja via online, biasanya kamu akan menerima paket promo, diskon, dan free delivery. Bisa lebih hemat lagi, kan?

Kemudahan belanja online ini juga dilengkapi sistem pembayaran yang terintegrasi dengan jaringan VISA. Untuk yang masih enggan berurusan dengan kartu kredit saat bertransaksi online, coba deh alihkan metode pembayaran dengan e-Card dari Jenius. Sebagai kartu debit virtual yang limit pembelanjaannya bisa kamu atur sesuai kebutuhan, penggunaan Jenius e-Card akan sangat membantu mengendalikan pengeluaran bulananmu.

Nah, kalau kamu sudah mencoba tips di atas dan mulai terbiasa dengan pola makan sehat, jangan lupa tetap lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik kamu. Kamu bisa mulai dengan melihat apa saja olahraga yang sedang tren saat ini.


Share this news to: